Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah

Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Menuju Bereputasi

Diposting pada tanggal 8 Mei 2024

 

STEBIS IGM - Palembang, LPPM dan tim IT Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri menggelar pelatihan bersama dengan kampus Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau (02/04/2024)

Dalam pelatihan ini turut hadir Bapak Chandra Satria, S.E.,M.Si selaku ketua STEBIS IGM dan seluruh peserta pelatihan Jurnal dari UIN Al-Azhaar Lubuk Linggau diantaranya Ibu Sumaryati, Muhammad Ikrom, Muslih Hidayat, Ikit dan Bapak Fatih.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah sehingga lebih jelas, sistematis, dan sesuai dengan standar yang berlaku. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang struktur artikel ilmiah yang tepat, yang akan membantu penulis menyampaikan hasil penelitian secara objektif dan efektif.

Rektor UIN Al-Azhaar, Ibu Dr. Sumaryati, M.Pd.I, berharap semua dosen dan mahasiswa setelah mengikuti pelatihan pengelolaan jurnal ini dapat membuat artikel dengan cepat dan mencari tempat di luar untuk publikasi ilmiahnya.

Ketua STEBIS IGM Bincang bersama rektor kampus UIN Al-Azhaar saat menjelang ishoma (Foto:istimewa)

Kemudian dalam pengelolaan jurnal benar-benar harus fokus serta membutuhkan waktu yang relatif lama dan berkelanjutan dalam pemantauan status artikel yang dikirimkan ke sebuah website jurnal ber OJS, tidak bisa hanya sekali dalam mengirimkan naskah kemudian 1 bulan kemudian baru ditanyakan kembali ke pihak pengelola? jadi harus dipantau secara berkala, (tutupnya)

Dalam pelatihan ini, havis aravik, narasumber, menyatakan bahwa ada lima cara untuk mengelola jurnal dan membuatnya lulus desk review dan akreditasi: 1) semua pengelola jurnal diberikan pelatihan Bahasa Inggris pada tingkat yang diinginkan untuk mengenali dan komposisi tulisan, 2) merekrut orang yang ahli dalam bidang itu, kita bisa menawarkan program magang untuk mahasiswa yang nantinya akan diakui sebagai Sertifikat Kompetensi Pendamping Ijazah (SKPI), 3) pengelolaan jurnal dapat menggunakan jasa profesi pihak ketiga, atau konsultan dapat membantu memproses artikel menjadi bahasa Inggris dengan kata lain kita harus mencari seorang translator. 4) Melengkapi seluruh menu pada web ejournal agar informasi untuk penulis maupun mitra bestari tidak kerepotan dalam mengirimkan naskah jurnal. 5) Perlunya indek SEO agar bisa mendapatkan nilai (Point) penyebarluasan pada saat akreditasi.

 Foto bersama Rektor UIN Al-Azhaar usai melaksakan pelatihan (Foto:istimewa)

Menurut Havis perihal pengelolaan ini kembali ke masalah kenyamanan dan penguasaan dalam masalah Editorial, dan ktia harus Original (Orang Gila Jurnal) kemudian Nilai terbesar dalam akreditasi sebuah jurnal 75% terletak pada pengelola jurnal (Managing Editornya).

Pada tahap penilaian akreditasi kita harus sering membuka artikel tersebut, membacanya bahkan bila perlu didownload kembali, proses pengelolaan jurnal dari mulai submit artikel, diskusi perbaikan, pengelolaan layout dan penyesuaian template, proses review, copyeditor, lanjut profreader, hingga proses publikasi. Dalam proses pengiriman naskah terkadang jika tidak ingin ribet dan banyak perbaikan bisa juga kita langsung menolak artikel (manuskrip) tersebut, bahkan jika manuskrip tersebut tidak memenuhi standar atau diluar focus and scope, dan juga melanggar etika publikasi seperti yang tersedia pada semua persyaratan penerbitan (tutupnya). (red.stb)

Versi cetak

Related Keywords

al-azhaar, kampus alazhar, universitas islam nusantara, pelatihan pengelolaan jurnal ilmiah menuju bereputasi

Artikel Terkait


Halal bihalal di lantai 12 kampus igm Mempererat silahturahmi

Halal bihalal di lantai 12 kampus igm Mempererat silahturahmi

  STEBISigm.ac.id, Palembang - Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445H, Founder Yayasan Indo Global Mandiri menggelar acara Halal Bi...


Yayasan IGM Gelar Buka Puasa Bersama 2024

Yayasan IGM Gelar Buka Puasa Bersama 2024

 Seluruh Dosen, Guru, Staf dan Karyawan dilingkungan Yayasan Indo Global Mandiri PALEMBANG-STEBISIGM.AC.ID__  Yayasan IGM mengg...


Wisuda 7 tahun 2023 STEBIS Indo Global Mandiri melepas 122 mahasiswa

Wisuda 7 tahun 2023 STEBIS Indo Global Mandiri melepas 122 mahasiswa

  STEBIS IGM PALEMBANG —– Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis dan Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri (IGM) menggelar wi...


PKKMB STEBIS IGM Langkah Awal menuju Kesuksesan Meraih Cita Cita

PKKMB STEBIS IGM Langkah Awal menuju Kesuksesan Meraih Cita Cita

  STEBISIGM.ac.id, Palembang - Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 resmi dimulai.   Pelaksanaa...


Bimtek Optimasi sevima platform untuk mendukung regulatory compliance

Bimtek Optimasi sevima platform untuk mendukung regulatory compliance

Palembang,-STEBIS IGM. Bersama Assoc. Prof Wahyudi Agustiono di indoneia ada 4000 perguruan tinggi yang saat ini sudah lebih dari 800 Pergur...


STEBIS IGM Menggelar Buka Puasa Bersama 2023 di Aula Kampus

STEBIS IGM Menggelar Buka Puasa Bersama 2023 di Aula Kampus

  STEBIS IGM- Palembang, Buka Puasa Bersama yang diprakarsai oleh SIMA KIP, Himesya, Himpersya dan Himferbis. Good Semoga Tetap Komp...