Selamat Datang, di Website Resmi Kampus STEBIS IGM Palembang a.n Ketua H.Chandra Satria, S.E., M.Si------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 
Find us
Buletin Juma't Digital Hari ini Lihat Klik dan lihat Disini

MOU Perpusnas RI bersama perpustakaan STEBIS IGM

MOU Perpustakaan Nasioanal RI bersama Perpustakaan STEBIS IGM

 

STEBIS IGM - H.Chandra Satria, S.E.,M.Si bersama Nova Yanti Maleha, S.E.,M.M mengikuti acara Semiloka Nasional Kepustakawan Indonesia V
SNIPER (Seminar Nasional Inovasi Perpustakaan) di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, 2-4 Otober 2019.

Acara ini mengusung Tema "Pustakawan dan Perpustakaan Berinovasi"

From Smart Librarian to Smart Society

 

 

Saat ini Perpustakaan STEBIS IGM akan menyiapkan diri untuk pengajuan akreditasi perpustakaan sebagai bagian dari standar mutu dan keunggulan perpustakaan di suatu perguruan tinggi (PT).

 

Ia juga menilai jika saat ini dunia banyak mengalami percepatan terutama di bidang teknologi. Hanya saja tidak diimbangi dengan kesadaran mahasiswa untuk memperkaya wawasannya dengan membaca. "Kita ingin mahasiswa kita tidak hanya sekedar mangantongi ijazah selepas menjadi alumni di STEBIS IGM. Alumni juga harus memiliki kemampuan yang bisa bermanfaatkan di tengah masyarakat. Untuk mewujudkan itu, akan kita siapkan semuanya karena kita memiliki dosen dosen pembimbing yang berkualitas," paparnya.

 

Perpusnas mencatat hingga saat ini dari 4.644 perguruan tinggi di Indonesia.Sebanyak 382 merupakan perguruan tinggi negeri (PTN), dan 4.262 adalah perguruan tinggi swasta (PTS), 222 di antaranya sudah memperoleh akreditasi.

 

Sesuai pasal 24 Undang-undang Nomor 43 tentang Perpustakaan disebutkan bahwa perpustakaan yang telah memenuhi standar nasional perpustakaan (SNP), baik dari jumlah koleksi (judul/eksemplar) untuk mendukung pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat selain untuk mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

 

Namun, dari jumlah 4.644 perguruan tinggi, baru 200 PTN/PTS yang sudah melakukan MoU dengan Perpusnas, salah satunya STEBIS IGM. Dari jumlah tersebut baru 135 perguruan tinggi yang telah tergabung dalam portal Indonesia OneSearch (IOS) milik Perpusnas.

 

Ruang lingkup MoU menyasar, antara lain pengembangan SDM bidang perpustakaan; pengembangan dan pemanfaatan aplikasi otomasi perpustakaan; pengembangan TIK di bidang perpustakaan dan perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data dan repository digital (IOS, iPusnas); pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan; pertemuan ilmiah, penelitian, dan publikasi bersama; penghimpunan dan pelestarian karya cetak dan karya rekam (KCKR); dan pelaksanaan promosi perpustakaan dan pengembangan budaya baca.

 

Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia diselenggarakan berkat kerja sama, antara Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI), Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISPII), dan Perpustakaan Universitas Lampung. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya Smart Society di seluruh Indonesia melalui peran strategis pustakawan dan perpustakaan sebagai motor penggeraknya. (andhiko ta)

 


 

 

Lihat JugaArtikel lainya
  Siap Menyonsong Transformasi Edukasi Digital 4.0 Selengkapnya
  Seminar Service Excellence dari Bank Syariah Mandiri Selengkapnya
  Rapat TOEIC bersama Bapak Doni Direktur TOEIC di kampus Selengkapnya
  MoA STEBIS IGM dengan LPM UIN Raden Fatah Selengkapnya
  Tausiyah hari ini 14 Desember 2018 Selengkapnya
  Rapat Alkhir tahun 2018 dalam rangkat hari libur Selengkapnya
  Pembekalan Calon Mahasiswa Universitas Al-Azhar Selengkapnya
  Wisuda II STEBIS IGM Selengkapnya
  Kegiatan Evaluasi Pembinaan SPMI bersama STEBIS IGM Selengkapnya
  Moa LPM STEBIS IGM Bersama LPM UIN Raden Fatah Palembang Selengkapnya
  Rapat Alkhir tahun 2018 dalam rangkat hari libur, persiapan UAS, pengumpulan RPS dan rencana awal tahun Selengkapnya

Kirim ke teman | Versi cetak

Berita "Berita Kampus" Lainnya