Melejitkan Kemampuan Belajar

27 Juni 2015

TUJUH LANGKAH
MELEJITKAN
KEMAMPUAN BELAJAR


Langkah 1. Relaks
Langkah 2. Evaluasi
Langkah 3. Penyerapan Awal
Langkah 4. Memproses Informasi
Langkah 5. Menanamkan Memori
Langkah 6. Gunakan Informasi
Langkah 7. Periksa lagi & lagi


Langkah 1. Relaks


- Pergilah ke TEMPAT KEDAMAIAN (TK)

- Saat berada dalam TK, katakan pada diri Anda bahwa Anda akan belajar terus pada kondisi (Alfa) relaks/hening.

- Setiap 20 menit, berhentilah sejenak dan lakukan aktivitas otak silang, untuk membuat otak kreatif dan analitis bisa bekerjasama (kinestetik)

- Kemudian tariklah tiga kali napas dalam-dalam untuk memasukan oksigen mengalir ke otak, agar otak tetap mendapat nutrisi (intrapersonal-perasaan)

 


“Dari keheningan itu terkadang muncul sekilas jawaban-jawaban dari apa yang kita cari dan yang kita butuhkan selama ini”

 

--Nanang Qasim Yusuf--


Sebuah penelitian di Amerika menyimpulkan, seseorang yang tekun melakukan meditasi (hening-relaks), akan memiliki ciri-ciri
sebagai berikut:

- Kejernihan berpikir
- Tajam intuisi.
- Ketenangan mengelola hati
- Kepuasan jiwa dalam berkarya
- Mudah memaafkan
- Mudah empati kepada orang lain
- Memiliki rasa hormat yang tinggi kepada orang lain
- Mudah tersenyum.

Hasil Keheningan
Tokoh-Tokoh Besar Dunia

 

Muhammad SAW:

Sejak umur 40 tahun, sudah terbiasa dengan kondisi hening (silence) di Gua Hiera. Ia ingin mendapatkan pencerahan dari hidupnya, hingga suatu malam Jibril mendatanginya dalam keheningan.

Harun Al-Rasyid

Ia berhasil membangun Bagdad menjadi kota paling hebat di dunia saat itu. Bagdad adalah pusat perdagangan dan sain dunia. Ia sangat mencintai rakyatnya. Setiap malam dia menyelinap ke desa-desa dengan memakai baju bekas. Dalam keheningan itulah Harun menemukan semangat akan kebersamaan bersama rakyatnya.

Galileo Galilie

Hasil dari pengamatan melalui keheningan yang luar biasa, ia membuat fakta baru yang bertolak belakang dengan keimanan gereja karena bukan matahari yang mengelilingi bumi, namun justru bumilah yang mengeliling matahari.

Isaac Newton

Waktu kecil dianggap bodoh di sekolahnya karena sering melamun. Dia menemukan ketajaman pikiran yang kuat, yang ia temukan ketika dalam kondisi hening. Dari keheningan inilah dia menemukan sebuah teori yang luar biasa bernama “RUMUS GRAVITASI UNIVERSAL”.

Thomas Alva Edison

Pada waktu kecil, ketika sekolah, ia Sering disebut bodoh karena banyak bertanya dandikeluarkan dari sekolah. Ia sering merenung memikirkan sesuatu, dalam keheningan, ia melihat masa depan yang sangat gemilang. Saat usia 29 tahun ia sudah menjadi orang kaya dan terkenal.

Albert Einstein

Dari keheningannya melahirkan sebuah teori yang sangat terkenal karena teori inilah kelak melahirkan cikal bakal dari bom atom, yaitu E= MC2.

Bill Gates

Bill Gates sering merenung tentang bagaimana masa depannya. Dalam perenungannya, ia bertutur, “Saya akan menjadi jutawan pada usia 25 tahun.

Langkah 2. Evaluasi

- Cepat pindai atau periksa informasi sehingga otak Anda terbiasa.

- Perhatikan hal-hal yang berbeda dari informasi itu (bagaimana dipresentasikan, catat judul utama).

- Catat poin-poins penting yang Anda perhatikan.

- Tulis pertanyaan yang menurut Anda penting

Langkah 3. Penyerapan Awal

Gaya Belajar
Kenali apakah Anda seorang pengamat, pendengar, atau pelaku & kecerdasan mana yang merupakan favorit Anda. Ubahlah informasi ke dalam gaya-gaya ini sesering mungkin. (buat catatan).

Visulual: Bayangkanlah
Auditori: Dengarkanlah
Kinestetik : Rasakanlah

Bersambung....

 


Sumber : STEBIS IGM http://demo.stebisigm.ac.id
Selengkapnya : http://demo.stebisigm.ac.id/artikel/219/Melejitkan- Kemampuan-Belajar.html