Selamat Datang, di Website Resmi Kampus STEBIS IGM Palembang a.n Ketua H.Chandra Satria, S.E., M.Si------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 
Find us

Tentang STEBIS IGM

Sejarah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) IGM

 

    Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah Indo Global Mandiri yang berdiri di bawah naungan Yayasan Indo Global Mandiri, kemudian dikenal dengan singkatan STEBIS IGM, didukung beberapa faktor. Pertama ide pembangunan sekolah tinggi ini muncul dari para pendiri yayasan dan tumbuhnya lembaga-lembaga keuangan syariah seperti bank, asuransi, pegadaian, pembiayaan, dan lain-lain serta menguatnya kembali ekonomi Islam di dunia. Kedua, pertimbangan bahwa perguruan tinggi swasta berbasis syariah belum ada di Sumatera Selatan. Ketiga pertumbuhan madrasah, pesantren dan perguruan agama sederajat dengan SLTA tumbuh berkembang, yang pada gilirannya memerlukan adanya lembaga pendidikan lebih tinggi. Disamping itu perkembangan zaman dan tuntutan masa memang memerlukan tenaga ahli yang profesional-terampil dalam bidang perekonomian syariah.

 

    STEBIS IGM memiliki dua program studi yaitu: Program Studi Ekonomi Syariah untuk jenjang S1 dan Perbankan Syariah untuk jenjang D3 yang terdaftar di Kopertais Wilayah VII Sumbagsel dengan izin penyelenggaraan yang diberikan oleh Dirjen Pendidikan Islam SK Nomor 2516 tahun 2014 tanggal 5 Mei 2014 tentang Persetujuan Pendirian Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri dibawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan Nomor Statistik NSPTI: 143167107037 STEBIS IGM beralamat di  Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129

 

 VISI

“Menjadi Perguruan Tinggi yang bermutu dan terkemuka dalam menghasilkan lulusan yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai syariah untuk kemaslahatan umat pada tahun 2039"

 

MISI 

1. Menyelenggarakan pola pendidikan dan pengajaran perbankan Syariah yang berkualitas dalam rangka melahirkan sumber daya manusia yang unggul, mampu bersaing dalam skala global, mandiri dan berakhlak mulia, serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai ke Islaman dalam bidang ekonomi secara benar dan jujur.


2. Berperan serta dalam mendidik masyarakat beriman, bertakwa, dan berkeadilan melalui implementasi dan aktualisasi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.


3. Menciptakan iklim kondusif demi terlaksana tridharma perguruan tinggi.

 

TUJUAN

1. Menjadikan Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah sebagai rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang syariah bertaraf regional dan nasional.


2. Menjalin kerjasama dan kemitraan intitusional yang saling menguntungkan dengan lembaga pendidikan tinggi lain di dalam maupun luar negeri.


3. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang yang berbasis syariah

 

STRATEGI

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keahlian agar mandiri untuk diterima dipasar kerja dan menjadi enterpreneur yang membuka lapangan kerja bagi dirinya maupun orang lain.


2. Menghasilkan lulusan sumber daya manusia yang unggul, mampu bersaing dalam skala global, mandiri dan berakhlak mulia, serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai ke Islaman dalam bidang ekonomi secara benar dan jujur.
Meningkatkan jumlah penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi yang berkualitas, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga memperoleh status madya dengan target kerja 5 (lima) tahun.


3. Mewujudkan subsistem : manusia, struktur, teknologi, dan proses organisasi, menyiapkan Pendidikan, pengajaran dan kompetensi lulusan yang dibutuhkan dunia industry dengan target kerja 5 (lima) tahun.


4. Mengembangkan fasilitas, sarana dan prasarana guna mendukung atmosfer kehidupan kampus yang dinamis serta berorientasi pada kepentingan masyarakat dengan target kerja 5 (lima) tahun.

 

NILAI UTAMA 

1. Memiliki keilmuan & Mutsaqqoful Fikri (wawasan yg luas)
QS. Al Mujadillah [58] : [11]
“ Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.


2. Mewujudkan Karakter Muslim Sejati
QS, Al Ahzab [21]
Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

3. Mewujudkan Karakter Muslim Maslahah
Bahwa telah menjadi konsesus dikalangan Ulama bahwa setiap hukum yang disyariatkan Allah SWT bagi ummat manusia mengandung mashlahah ataupun kebaikan bagi mereka. Mashlahah yaitu kebaikan, kebermanfaatan, kelayakan dan kepatutan serta kepentingan orang lain.
Q.S Ali Imron [110]
“Kamu adalah Ummat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah”

 

TATA NILAI 

R A M A H
1.Responsif memberikan pelayanan yang cepat dan berkualitas
2.Adaptif terhadap stakeholders
3.Menghargai tingkat produktivitas
4.Amanah terhadap tanggung jawab yang diemban
5.Humanis pada setiap lingkungan

 

 

Video Profil 1

video Profil 2